top of page

Kopi Lintong & Mandailing Jadi Ciri Khas Sumatera

menurut Wikipedia Kopi Sumatera merupakan salah satu varietas kopi yang berasal dari Sumatera yang bertekstur paling halus dan bercita rasa paling berat dan kompleks di antara beragam kopi di dunia. Sebagian besar kopi Sumatera diproses secara kering (dry-processed), tetapi sebagian lagi melalui proses pencucian ringan (semi-washed).

Kopi Sumatera sangat terkenal dengan Mandheling atau Lintong-nya yang tumbuh di pesisir selatan pulau Sumatera.

Yang dimana kedua kopi tersebut memiliki ciri khas aroma dan rasa yang berbeda, yang sangat unik dan sangat diperhitungkan masalah kualitas dari biji kopinya tersebut. Karena memang sebagian besar biji penghasil biji kopi yang berkualitas tinggi di Indonesia adalah datangnya dari Daerah Sumatera ini. Oleh sebab itu juga tidak heran jika kopi-kopi asal Sumatera ini sangat banyak jenis dan rasanya.


Kopi Lintong


Sejak kolonial Belanda memasuki Sumatera Utara, Lintong Ni Huta adalah nama sebuah daerah di Kabupaten Humbang Hasundutan tempat dimana kopi tersbut dapat tumbu subur. Karena berasal dari sana, maka Kopi Silintong menjadi identitas dari kopi arabica yang satu ini. Kualitas Kopi Lintong sudah sangat terkenal hingga ke mata dunia dan menjadi trade mark pasaran internasional dengan nama Sumatra Linthong Arabica Coffee, sehingga banyak digilai oleh para penikmat kopi. Pada umunya para petani menanam kopi berjenis Arabica.

Kopi mandailing


kopi Mandailing yang juga sangat khas dalam hal rasa dan aromanya. Juga yang pastinya sangat popular saat ini adalah kopi Lampung, kopi robusta yang ditanam langsung di perbukitan Liwa dan Sekitarnya. Kopi nusantara yang akan membuat Anda merasakan nikmatnya kopi nusantara. Mandailing adalah daerah penghasil kopi berkualitas yang terkenal sejak zaman Belanda. Dalam sejarah perkopian Indonesia desa yang jadi pusat kopi Arabica pertama kali di tanam adalah Desa Pakantan – Mandheling Natal. Di salah satu desa di Mandailing Natal, yaitu desa Sambang Banyak Jae Ulu Pungud banyak sekali kebun kopi yang sudah berumur puluhan, bahkan ratusan tahun.

Kebun kopi ini diyakini memiliki hubungan dengan sejarah kopi Arabica yang pertama kali dimasukkan oleh Belanda ke Indonesia pada 1699. Ada 2 jenis kopi yang ditanam di Mandailing Natal. Paling banyak adalah kopi jenis Arabica, baru kemudian Robusta. Hati-hati membeli produk kopi karena banyak kopi tiruan yang dijual dengan harga yang mahal. Kalian bisa mencari kopi dengan biji kopi terbaik di MrO Coffee.

RECENT POST
bottom of page